Pengumuman CPNS 2018 Hampir Rampung, MenPANRB: PPPK Mulai Bulan Ini

1

JAKARTA – Pengumuman hasil akhir calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 hampir rampung. Update terakhir Badan Kepegawaian Negara (BKN) per Selasa (15/1), sebanyak 545 instansi yang sudah mengumumkan penerimaan peserta.

Sementara itu, masih ada beberapa instansi yang masih dalam proses penyelesaian verifikasi dan validasi (verval), antara lain Kemenko Polhukam, Kemenkumham, BPK, Kemenpora Atlet, Kediri, Blitar, dan Gowa. Instansi yang menunggu final, yakni Kementerian PUPR dan Kementerian Agama.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin memastikan, sebanyak 70 persen kementerian/lembaga/pemda sudah berhasil menyelesaikan verval sejak Desember 2018. Kini, pengumuman sudah hampir rampung.

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan lolos perlu menghadapi tahapan akhir, yakni pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP). Tahap tersebut memiliki waktu yang sudah ditentukan oleh masing-masing instansi, paling lambat 15 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan. Persyaratan pemberkasan dapat dilihat di laman resmi masing-masing instansi.

“Sekarang sudah selesai, sudah finish, tinggal penyusunan NIP-nya bahkan sudah didistribusi kepada kemneterian/lembaga/pemerintah daerah,” ujar Syafruddin saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

Setelah seluruhnya rampung, mantan Wakapolri itu menegaskan, rekrutmen tenaga honorer melalui skema pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Menurutnya, proses tersebut sudah siap dilaksanakan.

“(Setelah CPNS selesai) PPPK akan mulai. Iya PPPK sudah mulai bulan ini,” pungkasnya.