MKKS-Disdikbud Palu Bahas Persiapan Pelaksanaan GSI

6

PALU – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu menggelar pertemuan yang dihadiri seluruh kepala sekolah SMP Negeri dan Swasta se-Kota Palu, membahas tentang persiapan pelaksanaan event Gala Siswa Indonesia (GSI) dan persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP se-Kota Palu, di Aula SMP Negeri 4 Palu, Rabu, 23 Januari 2019.

“Dalam pertemuan ini kami telah menunjuk empat koordinator di masing-masing wilayah, nantinya koordinator ini akan mengadakan pertemuan kembali untuk mempermantap persiapan menuju di perlombaan,” kata Kepala Bidang SMP Disdikbud Kota Palu Ambotuwo.

Kata Ambotuwo, pelaksanaan GSI rencananya digelar pada Maret, namun yang terpenting adalah bagaimana mengatur waktu peserta lomba dalam menghadapi tingkat-tingkat selanjutnya. Olehnya itu karena tuan ruam di tingkat Provinsi adalah LPMP, sehingga diharapkan agar kegiatna ini cepat digelar waktu untuk latihan dan pemantapan pemain dapat terlaksana dengan baik.

“Persyaratan administrasi di GSI ini sudah mengacu pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sehingga tidak ada lagi rekayasa soal data. Sebab dulu ada rekayasa tetapi saat ini tidak boleh,” ujar Ambotuwo.

Sementara kata Ambo, menurut Sekretaris Kota Palu Asri yang juga pelatih dan pembina jika atlet bola kaki di Kota Palu diandalkan. Tentunya dari sejumlah sekolah itu ada beberapa bibit tinggal bagaiman kedepan di bina dengan baik.

“Dalam juknis pada Maret sudah di pertandingan tingkat Kota, jadi nanti sistemnya di serahkan ke asosiasi, nanti dilibatkan semua dari kesehatan, dinas pendidikan dan lainya, tetapi pemain ini banyak di Kota,” katanya.

Kata dia, Nanti yang bermain 8 kecamatan kemudian keluar masing-masing pemenang wilayah menjadi empat wilayah yang akan masuk di tingkat Kota, dari empat wilayah ini akan mewakili Kota Palu ke provinsi. Jadi satu tim itu ada 18 orang ditambah dengan oficial dan lainya, sehingga jumlahnya pertim ini 22 orang.

Sementara Ketua MKKS SMP Kota Palu Hj Ramlah M Siri mengungkapkan, untuk MKKS pertemuan awal dimulai dengan membahas penuyusunan anggaran dasar pada bulan kemarin. Serta kesiapan MKKS SMP se-Kota Palu dalam rangka studi banding ke Singapura dan Malaysia, dan rencananya akan dikunjungi salah satu sekolah di Malaysia dan Singapura.

“Studi banding ini guna membandingkan atau mengambil hal-hal yang baik, dalam membuka wawasan cakrawala kita sebagai kepala sekolah, semoga dengan hasil kunjungan ini bisa menjadi warna tersendiri untuk dunia pendidikan Kota Palu,” ungkapnya.(Riski Budiman)