Kampung Gusdurian, Huntara Kreatif di Kabupaten Sigi Bikin Betah Pengungsi

1

PALU – Unik serta kreatif. Itulah yang terlihat di salah satu hunian sementara yang ada di desa Sidera, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, yang beberapa bulan lalu dibangun komunitas relawan Payung Gusdurian.

Berbeda dengan huntara lainnya, huntara yang dinamakan Kampung Gusdurian ini, dikreasikan dengan cara digambari tokoh-tokoh terkenal, serta tulisan atau slogan yang menarik.

Gambar-gambar tersebut merupakan hasil kreasi dari beberapa komunitas, dan organisasi yang ada di Sulawesi Tengah, seperti komunitas motor, komunitas pecinta alam, organisasi gerakan pramuka , serta para mahasiswa.

Menurut salah satu pengelola huntara Gusdurian, Indra, meski ukurannya kecil, namun dengan cara seperti ini, masyarakat penyintas bencana yang menempati huntara bisa merasa lebih senang, sembari menunggu datangnya hunian tetap dari pemerintah.

“Jadi huntara ini digambar hanya untuk menarik perhatian saja, karena banyak yang beranggapan bahwa kehidupan di huntara itu mengenaskan tapi sebenarnya tidak, makanya kita meminimalisir anggapan orang yang seperti itu,“ ujarnya.

Tak sedikit pula para pengendara yang melintasi di jalan ini, menyempatkan waktunya untuk singga dan melihat – lihat, bahkan berfoto di huntara yang unik ini.

“Huntaranya unik, apalagi banyak gambar gambarnya, kayanya yang begini tiada di tempat lain, makanya kita singga bafoto sedikit,“ ujar Anto salah satu pengunjung huntara.(Riski Budiman)