JK Nilai Jokowi-Ma’ruf Lebih Siap Dibanding Prabowo-Sandi

1

JAKARTA – Debat Pilpres 2019 pertama telah selesai digelar. Dilihat dari performa debat, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pasangan calon nomor 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin lebih siap dibandingkan dengan paslon nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Kami lihat Pak calon nomor 1 Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin lebih siap. Baik lebih siap menjawab, siap juga bertanya,” kata JK di rumah dinas, Jakarta, Kamis (17/1).

Mengenai respons Ma’ruf Amin yang kurang banyak menjawab, Mantan Menperindag ini mengatakan hal itu lazim dilakukan oleh wakil. Menurutnya, dalam debat, capres memang harus lebih banyak bicara dibandingkan cawapresnya.

“Kan berbicara juga tadi, walaupun ya wakil selalu begitu, maklum nomor 1 lebih banyak dari nomor 2,” jelasnya.

Dalam mengajukan pertanyaan pun, JK melihat kesiapan yang berbeda antara paslon penantang dan petahana. Dia menilai Prabowo terkesan baru memikirkan pertanyaan. Berbeda dari Jokowi, yang menurut JK lebih siap.

“Kami liat tadi (Jokowi) bertanyanya juga lebih siap. Beda dengan Pak Prabowo. Itu artinya situ baru memikirkan pertanyaan,” ujarnya.

Selain ditemani Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi, JK juga ditemani sang istri Mufidah Kalla menyaksikan debat dari rumah dinas. Bukan karena tidak diundang, JK hanya ingin menonton debat dengan suasana yang lebih santai.