Wakil Ketua DPRD Sulteng Prihatin atas Kasus Pengungsi Keracunan Makanan

12

PALU – Keracunan makanan yang dialami puluhan pengungsi di Kelurahan Kabonena dan Kelurahan Tipo, Kota Palu Sulawesi Tengah hari Sabtu (19/1/2019) mendapat perhatian serius Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah Muharram Nurdin.

Muharram Nurdin yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Sulteng ini mengaku sangat prihatin atas kejadian keracunan yang menimpa pengungsi terseut. Dia mengimbau kepada relawan dan para dermawan yang ingin membagikan makanan kepada pengungsi agar diperhatikan benar soal higienis makanan yang akan dibagikan.

Mungkin yang terbaik adalah membagi bahan yang belum diolah seperti beras dan lain lain. Faktor masa berlaku juga harus diperhatikan jangan sampai ada makanan yang sudah kadaluarsa dibagi,” tegas Muharram Selasa (22/1/2019).

Sebelumnya, puluhan pengungsi korban gempa bumi, tsunami serta likuifaksi di lokasi pengungsian kelurahan Kabonena dan kelurahan Tipo kota Palu, Sulawesi Tengah mengalami keracunan setelah mengkonsumsi makanan berupa nasi bungkus yang dibagikan di tenda pengungsian pada Sabtu siang.

Menurut salah satu korban keracunan, Badrun, makanan itu dibagi secara gratis sekitar pukul 11:00 wita. Makanan gratis itu langsung disantap dan tidak ada apapun yang dirasakan. Namun selang waktu satu jam puluhan pengungsi ini merasakan pusing dan mual-mual.

“Kami mulai merasakan pusing dan mual satu jam lebih setelah makan makanan itu,” kata Badrun yang ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah Anutapura Palu Sabtu (19/1/2019).

Korban keracunan yang didominasi oleh anak anak saat ini harus dirawat intensif di rumah sakit Anutapura Palu.(*/abd)