Video Hoax Ribuan Karyawan Asing Demo, Ketua PDIP Sulteng: Itu Manipulasi Pembenci Jokowi

2

PALU – Pasca aksi unjuk rasa ribuan karyawan PT. IMIP Kamis (24/1/2019), beredar sebuah video yang menyebut bahwa aksi itu adalah demo ribuan buruh asing di Morowali. Video yang direkam dari layar komputer dan dikomentari kayaknya video live itu sudah dipastikan adalah video hoax.

Pihak PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyebut bahwa video itu hoax yang tidak bertanggungjawab.

Coordinator Media Relations PT. IMIP, Dedy Kurniawan mengatakan, video itu hoax dan bukan aksi buruh asing.

“Masya Allah, ini adalah demo karyawan indonesia hari ini menuntut kenaikan UMSK. Bukan tka yg demo. Pelakunya ini merekam gambar yang ia putar dari hp. Maksudnya, gambar video yg direkam ulang lalu dikomentari. Lihat pinggir gambar. Jahat sekali hoax ini,” kata Dedy melalui pesan whatsapp Kamis malam.

Ketua DPD PDIP Sulawesi Tengah yang juga wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Muharram Nurdin menyesalkan beredarnya video hoax itu.

Menurut Muharram, demo karyawan Indonesia hari ini menuntut kenaikan UMSK di PT. IMIP Morowali telah dimanipulasi oleh mereka yang tidak bertanggungjawab.

“Demo yang dimaksudkan untuk menuntut peningkatan kesejahteraan buru dimanipulasi oleh pembenci Jokowi seolah-olah demo tersebut adalah demo TKA padahal tidak ada kaitannya. Saya berharap pegiat sosial media untuk tidak ikut menyebarluaskan video hoax yang diproduksi oleh orang-orang tidak bertanggungjawab,” sesal Muharram.

Terhadap tuntutan buruh PT IMIP kata Muharram, dia setuju untuk dipertimbangkan oleh Gubernur dan memberi keputusan yang adil dengan memperhatikan kesejahteraan buruh.(ham)