Validasi Data Jadup, Dinsos Palu Libatkan Camat dan Lurah

33
Likuefaksi di Palu.(Foto:Suluhmerdeka.com)

PALU – Dinas sosial kota palu saat ini mulai melakukan validasi data kepada para penerima jaminan Hidup yang menjadi korban terdampak bencana pada 28 september 2018 lalu.

Agar validasi tersebut efektif, Dinsos Kota Palu melibatkan bantuan dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) serta seluruh camat dan Lurah yang ada di Kota Palu.

Hal ini juga dilakukan untuk mempercepat penyaluran bantuan bagi 40.137 jiwa penyintas bencana yang masih berada di huntara dan tenda pengungsian. dengan cara turun langsung ke huntara maupun tenda pengungsian guna mendata dokumen kependudukan yang dimiliki oleh penyintas bencana.

“Ya memang kami melibatkan camat dan lurah, dan kami telah melayangkan surat kepada seluruh camat untuk memerintahkan setiap lurahnya, untuk turun kepengungsian melakukan validasi data” ujar kepala dinas sosial kota palu, agus munandar

Sementara Keterlibatan Disdukcapil Kota Palu, guna untuk membuatkan kartu keluarga dan kartu tanda kependudukan bagi para penyintas bencana yang dokumen kependudukannya hilang saat bencana lalu.

“Validasi data ini juga kami lakukan untuk mencocokan kembali data yang ada, karena beberapa waktu lalu pihaknya menemukan data yang dobel dan penerima bantuan jaminan hidup yang telah wafat namun masih terdaftar di data penerima jadub,“ tambahnya.

Rencananya jika validasi data ini nantinya cocok, pihak dinas sosial kota palu akan mengirim data tersebut ke kementrian sosial melalui dinas sosial provinsi Sulawesi Tengah.(Musabar)