PDIP Sulteng Buka Pendaftaran Balon Kepala Daerah untuk Umum dan Internal

458

PALU – Jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sulawesi Tengah, sejumlah partai politik sudah mulai membuka diri untuk para calon. Salah satunya adalah PDIP Perjuangan.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sulawesi Tengah akan membuka pendaftaran bakal calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah di Tujuh Kabupaten, 1 Kota dan Provinsi di daerah ini. Tujuh Kabupaten tersebut adalah Sigi, Tolitoli, Poso, Touna, Morut, Banggai dan Banggai Laut. Kota Palu dan Provinsi yang akan melaksanakan Pilkada 2020.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sulteng Muharram Nurdin mengatakan, pendaftaran dibuka untuk umum dan kader internal partai.

“Sementara syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa diproses sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah syarat umum sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan,” kata Muharram Nurdin, Minggu (1/9/2019).

PDI Perjuangan juga kata Muharram, mensyaratkan setiap pendaftar menyampaikan hasil survey dari lembaga survey independen dan kredibel.

Saat ini PDI Perjuangan menerjunkan 9 lembaga survei independen untuk melakukan survei terhadap seluruh kadernya yang akan maju di pilkada, baik kota, kabupaten maupun provinsi Sulawesi Tengah.

Muharram Nurdin mengatakan, sembilan lembaga survei yang diturunkan oleh DPP PDIP itu secara independen akan melakukan survei terhadap kader-kadernya yang maju pilkada.

“Siapa yang melakukan survei itu? ada sembilan lembaga survei kredibel dan independen yang direkomendasi DPP semua di Jakarta, itu yang akan melakukan survei,” kata Muharram.(abdee)