Mulai 5 September, PDIP se-Sulteng Resmi Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

76

PALU – PDI Perjuangan se – Sulteng secara resmi membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah. Pedanfataran itu dimulai pada tanggal 5 September 2019 sampai 12 September 2019. Pendaftaran dibuka di kantor DPC PDI Perjuangan yang kabupaten yang melaksanakan Pilkada 2020. Termasuk di DPD Provinsi PDI Perjuangan Sulteng juga membuka pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sulteng Muharram Nurdin mangatakan, pendaftaran bakal calon kepala daerah itu tidak dikenakan biaya dan semua form disiapkan oleh partai tingggal diisi. Formulir pendaftaran bisa dibawa pulang dan dilengkapi dokumen persyaratan kemudian baru dikembalikan. Untuk pengembalian bisa sampai tanggal 18 September 2019.

“Pendaftaran terbuka untuk umum dan kader PDI Perjuangan. Seleksi atau penyaringan akan dilakukan DPP PDI Perjuangan setelah menerima hasil survei dari lembaga independen dan kredibel. Lembaga survei ditentukan sendiri oleh bakal calon tidak ditunjuk partai. Partai hanya merekomendir lembaga survey nya terserah calon yang mana yang akan digunakan,” kata Muharram, Rabu (4/9/2019).

Baik kader maupun umum semua akan diperlakukan sama dalam proses penjaringan dan penyaringan oleh DPP PDI Perjuangan.

“Di tingkat cabang dan DPD belum ada penyaringan hanya penjaringan, oleh karena itu semua pendaftar yang memenuhi syarat calon kepala daerah akan dikirim ke DPP partai,” tandas Muharram.(Abd)