Jelang Pemilu, Pemilih di Kota Palu Turun 4 Persen

4

PALU – Jelang pesta demokrasi pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang serentak digelar pada 17 april 2019 mendatang, KPU Kota Palu terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid menjelaskan, jumlah pemilih di wilayah Kota Palu jelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada 17 april 2019 nanti, mengalami penurunan sebesar 4 persen.

Penurunan pemilih ini paling banyak terjadi di wilayah palu barat, seperti di pasar tradisional inpres dan pasar tua .

“Penurunan jumlah pemilih di Kota Palu ini terjadi bukan hanya karena kurangnya sosialisasi dari kpu kota selaku penyelenggara, tapi juga karena partai politik yang menyajikan pasangan calon yang tidak bisa memenuhi janji mereka setelah terpilih, sehingga masyarakat tidak ingin lagi memilih,” ujar Agusssalim Wahid Senin 11 Februari 2019.

Saat ini pemilih yang ada di Kota Palu berjumlah 213. 957 orang, dengan jumlah TPS yang akan disediakan oleh pihak KPU, yakni 1.075 TPS. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan pada pemilu sebelumnya.

Untuk mengatasi penurunan pemilihan tersebut, KPU Kota Palu melibatkan relawan demokrasi dengan PPK dan PPS-nya serta penyelenggara yang ada di setiap kelurahan maupun kecamata , untuk bisa terlibat langsung dan berinteraktif dengan masyarakat sekitar. (Riski Budiman)