AJI Palu Imbau Perusahaan Media Bayar THR Karyawan

17

PALU -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu Mengimbau kepada seluruh perusahaan Media yang ada di Sulawesi tengah, untuk dapat membayarkan Tunjangan Hari raya (THR) bagi para karyawannya menjelang hari Raya idul fitri ini.

AJI Palu memandang perusahaan media yang tidak membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya adalah pelanggaran yang serius. Ini sejalan dengan Permenaker RI Nomor 06 tahun 2016 tentang, tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Jika karyawan itu, bekerja di bawah 12 bulan tetap mendapatkan THR namun berbeda yaitu diberikan secara proporsional,” Ungkap Ketua AJI Palu, Muhammad Ikbal saat buka puasa bersama Jurnalis Kota Palu di sekretariat AJI Palu, Minggu (19/05/19).

Tidak hanya itu, AJI Palu juga melihat THR merupakan bagian dari hak normatif karyawan harus dipenuhi oleh perusahaan. Selama ini, kelompok pekerja yang kerap menjadi korban pelanggaran hak THR adalah pekerja kontrak, outsourcing , pekerja yang masih dalam sengketa dan pekerja harian lepas.

Oleh karena itu AJI meminta, para karyawan yang tidak mendapatkan pembayaran THR, dapat melaporkannya ke Sekretariat AJI Palu, Jalan Rajawali 28 Palu dengan mencantumkan identitas yang jelas. AJI akan melansir ke publik perusahaan-perusahaan nakal tersebut sebagai bagian dari sanksi moral perusahaan yang tidak memenuhi Permenaker RI Nomor 06/2016.(Musabar)