2019, Kasus Kebakaran di Kota Palu Meningkat

60
Sudaryano Lamangkona

PALU – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu mengakui kasus kebakaran yang tarjadi di Kota Palu tahun 2019 meningkat dibandingan dengan tahun sebelumnya.

Tercatat selama kurun waktu januari hingga agustus 2019, kebakaran yang terjadi di Kota Palu berjumlah 138 kasus. Sementara di tahun sebelumnya jumlah kebakaran di Kota Palu hanya berjumlah 104 kasus.

“Selama 5 tahun terakhir kasus kebakaran sempat menurun, namun di tahun 2019 ini kasus kebakaran di Kota Palu kembali tinggi,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Palu, Sudaryano Lamangkona Kamis (5/9/2019).

Menurut Sudaryano, rata-rata kasus kebakaran tersebut disebabkan beberapa hal seperti hubungan arus pendek listrik, kebocoran gas elpiji dan kelalaian masyarakat yang membiarkan anak – anak bermain api.

“Tinggiya kasus kebakaran tahun ini, saya melihat cenderung karena kelalaian dari masyarakat yang kurang waspada, sehingga banyak sekali terjadi kebakaran,” jelas Sudaryano.

Melihat tingginya kasus kebakaran yang disebabkan karena kelalaian masyarakat, pihak Damkar Kota Palu mengingatkan masyarakat agar senantiasa melakukan pengecekan terhadap instalasi listrik di rumah, maupun peralatan rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik.(Riski)